Skip to main content

Kosong

 Selamat malam, para pembaca blogspot milik Andika Jati Nugroho.

Salam dari saya untuk kita dapat bertemu melalui media tulisan dalam platform blogspot ini. Sudah lama sekali saya memiliki keinginan untuk menulis dan membuat satu (1) post baru. Namun ternyata, rasa tersebut hanya berhenti sampai di keinginan, dan tidak pernah terjadi. Pada akhirnya sampai detik ini, keinginan tersebut menjadi terwujud dan terbuatlah satu tulisan ini.

Kalau Kamu baca dari post sebelum dan sebelumnya lagi, sudah lama sekali saya tidak aktif menulis. Saya masih ingat betul, saya rajin menulis adalah ketika saya duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), yang artinya waktu tersebut adalah sekitar satu dekade yang lalu. Betul, Kamu tidak salah baca, yaitu sudah sekitar sepuluh tahun yang lalu. 

Setelah melewati waktu tersebut yang sekian lama, ternyata saya rindu dengan aktivitas menulis tersebut. Saya rindu dengan sparks yang muncul akibat dari aktivitas menulis ini. Saya rindu akan rasa kegemasan untuk menggunaakan ejaan tulisan yang benar. Saya rindu akan membaca ulang atau preview naskah tulisan sebelum dipublikasikan ke publik profile platform blogspot ini. Saya rindu akan kebanggaan atas tulisan yang dibuat. Saya pun rindu akan feedback dari Kamu dan Kamu yang memberikan komen dari tulisan saya. Saya rindu itu semua.

Saat ini, satu hal yang tertempel di benak dan pikiran saya, bahwa saya ingin untuk menulis. Saya ingin menulis bebas, Saya tidak ingin terpaku ke dalam ejaan yang benar, atau terpaku kepada pembahasan tulisan dengan topik yang menarik, atau hal-hal lainnya yang berkaitan erat dengan branding profile saya. Kali ini, saya hanya ingin bercerita dan menuangkan segala rasa maupun hasrat yang ingin saya keluarkan melalui media tulisan ini.

Saya sedang merasa kosong.

Kosong.

Saya bingung dan ketakutan untuk bercerita ke mana, atau pun ke siapa. Saya kesulitan untuk menjelaskan kepada orang lain terkait apa yang saya rasakan. Bahkan ketika saya sudah merangkai kata-kata yang hendak saya gunakan untuk bercerita ke orang lain, itu pun rasanya sulit sekali. Saya kehabisan akal untuk mampu menerjemahkan apa yang saya rasakan dan saya inginkan kepada orang lain. Malahan, bisa jadi orang lain menanggapi salah dengan apa yang saya maksudkan.

Saya merasa, dengan saya menulis ini, maka saya akan merasa sedikit lega dan harapannya adalah saya mendapatkan lagi sedikit rasa sparks yang pernah saya rasakan dari aktivitas menulis ini.

Saya sedang merasa kosong.

Minggu-minggu ini adalah waktu menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kebetulan, kondisi atmosfer pekerjaan sedang di fase sedikit longgar. Bukan karena apa, atasan saya sedang bertugas out of office, sehingga saya bisa leluasa mengatur pekerjaan tanpa tuntutan waktu yang lebih rapat dibandingkan ketika sedang ada atasan di office. Kebetulan yang lain lagi, saat ini saya sedang mendapatkan bagian work from home

Hari ini adalah hari Senin.

Seperti pada hari Senin yang lain di hari-hari sebelumnya, suasana pagi di hari Senin adalah suasana yang menyebalkan. Bagaimana tidak, jadwal rutin mingguan saya adalah memulai weekly meeting di hari Senin, pukul 07.00 pagi. Tentu ini pasti jadwal yang sedikit lebih awal dibandingkan jadwal orang lain pada umumnya. Apalagi, dimulai di hari Senin. Tadi pagi saya sudah bangun sejak pukul 06.00 pagi. Saya memulai hari dengan bersiap diri ke kamar mandi, menyalakan laptop, dan menyiapkan materi yang akan dipresentasikan saat meeting. Kebetulan, pagi tadi saya tidak menjadi bagian leader dalam meeting, karena ada rekan yang menawarkan diri. Lalu, meeting terlaksana.

Selesai dari situ, saya sudah membuat daftar pekerjaan yang akan saya kerjakan di hari ini. Sejak awal menuliskan daftar tersebut, saya sudah merasa bahwa hari ini akan menjadi hari yang longgar, karena saya yakin daftar pekerjaan tersebut pasti dapat diselesaikan. Satu demi satu daftar pekerjaan yang sudah saya tulis, sudah saya selesaikan. Saya menimbang-nimbang, mungkin dari delapan jam kerja hari ini, mungkin hanya empat jam saya bekerja dengan fokus. Pukul 16.00 sore, semua sudah selesai, tepat pada sudah berakhirnya waktu kerja di bulan puasa ini.

Waktu kerja selesai lebih cepat. Saya merasa hari ini bukanlah hari yang produktif untuk saya. Saya merasa banyak waktu luang yang terbuang seperti sia-sia. Saya tidak nyaman dengan perasaan ini. Saya merasa saya harusnya bisa mengisi waktu lebih baik dan lebih produktif lagi. Saya merasa hari ini adalah hari yang membosankan dan juga menyebalkan. 

Saya merasa kosong.

Perasaan yang meresahkan ini tidak berhenti hanya sampai di sore hari ini saja. Pada malamnya, perasaan ini masih belum berhenti atau pun hilang. Saya masih merasa kosong. Bolak-balik saya melihat waktu, rasanya waktu berjalan dengan lama. Selain daripada itu, saya merasa tubuh saya belum kelelahan, sehingga rasa kantuk pun belum bisa dirasakan. Karena kelebihan energi ini, saya malah membuat masalah dan prahara yang tidak diperlukan. Saya merasa bersalah. Namun, saya pun masih merasa kosong.

Saya mencoba untuk membuka hati dan pikiran saya, serta memberanikan diri untuk bercerita. Namun, ternyata belum berhasil. Saya masih merasa kebingungan dalam menyampaikan apa yang saya rasakan dan saya pikirkan. Makanya, saya mencoba mengalihkan perhatian saya dengan menulis ini. Sampai saat ini saya sudah menulis pun, ternyata rasanya pun saya masih belum lega. Saya masih merasa ada sesuatu hal yang ingin saya keluarkan dan teriakkan. Namun, saya pun bingung menjelaskan perasaan apa itu.

Saya berterima kasih kepada Kamu yang membaca. Saya tidak mengharapkan Kamu mengerti, karena saya hanya ingin menulis untuk diri saya sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Retreat di Angela Patrick, Bandungan

Halo selamat berkarya! Sudah hampir sebulan tidak  update tulisan di blog ini. Saya akan berbagi cerita mulai dari Retreat yang telah saya jalankan bersama rekan-rekan SMAN 3 Semarang. Jumat, 9 Desember 2011 - Minggu, 11 Desember 2011 Pukul 14.30 seusai pulang sekolah hari Jumat - pukul 14.30 hari Minggu di Bandungan Acara tahunan dari DOC (salah satu subsie di SMAN 3 Semarang) adalah mengadakan retreat di luar lokasi sekolah kami. Biasanya acara tersebut diadakan di Bandungan. Pada tahun 2011 ini dan bersaman dengan pengalaman pertama saya mengikuti retreat bersama SMAN 3 Semarang, diadakan di Rumah Retreat Angela Patrick, Bandungan. Tepatnya berada di belakang Pasar Bandungan. Beginilah ceritanya... Kebetulan pada hari tersebut tidak diadakannya kegiatan belajar mengajar di sekolah, sehingga kami dapat pulang lebih awal dari biasanya. Awalnya saya dan Puguh teman saya belum tahu bila warga sekolah sudah diperbolehkan pulang, sehingga kami izin pada guru Bimbingan Konseling te

My Second Assignment

ANDIKA JATI NUGROHO 140608050 Peter Lind, Flavor Development Specialist Ben & Jerry’s Ice Cream, Waterbury, Vermont Hello. See me again. My name is Andika Jati Nugroho. I’m from G class. I got my second assignment from my teacher, Mrs. Bening. This unit is about “The Most Wanted Jobs in The World”. Luckily, we will discuss about Peter Lind, a flavor development specialist in an ice cream company. Here it is. First. I want to tell you, that I was simply shocked and I am still confused about Mrs. Bening’s system at reading activities. In Senior High School, reading is just a simple thing. We just read. Commonly, the text was fictional. But, Mrs. Bening used another way. The text was based on true story. And, we had to use other sources to find the information of text and think critically at understanding the text.   Let us start into the core. There is an ice cream company named Ben & Jerry’s Ice Cream in Vermont. It is located in North-East of United

PENSAGA 2013 Young Nationalism

Halo semua! Salam 26 Oktober 2013! Lagi-lagi Tuhan menciptakan kenangan baru di pikiran dan hati saya, lewat salah satu acara terbesar di tahun ini. Pentas seni karya SMA saya, SMAN 3 Semarang. Karena lagi tinggi sekali euforianya, sekalian ingin ditulis saja, jadi seperti straight news [katanya] hehe. Semoga saja ini menjadi kenangan saya yang dengan sedikit menarik tertulis di blogspot, hehe. Jadi seperti ini lho, ceritanya. Pensaga 2013. Ini adalah pensi terakhir saya di sekolah menengah atas. Kebetulan juga, saya menjadi panitia inti di situ. Kesempatan yang menyenangkan bukan. Di tahun terakhir, saya berharap besar bisa memberi sesuatu yang tak terlupakan untuk sekolah saya itu. Nah. Awal mula panitia dibentuk dari, jaringan komunikasi via SMS. "#PENSAGA2013, Selamat! Kamu terpilih sebagai panitia inti dari pensaga2013, akan diadakan kumpul perdana pada: Hari/tgl: Sabtu, 5 Januari 2013, pukul: 8.00 am, tempat: depan perpustakaan [eh, akhirnya di