Skip to main content

#MetallicaJKT

Beberapa hari yang lalu ada bagi-bagi tiket gratis Metallica dari @aparatmati, hari ini ada kuis dari @wenzrawk. Mereka sama-sama membagikan tiket pertunjukkan Metallica yang akan digelar di Gelora Bung Karno Jakarta, 25 Agustus 2013.

Dari @aparatmati, dengan cara mengumpulkan foto/gambar yang bentuknya menyerupai gambar 'M" dari tulisan Metallica.
Jika dari @wenzrawk, dengan menuliskan sebuah tulisan yang bercerita tentang: pengenalan dengan Metallica dan pengaruh di kehidupan.

Saya tertarik yang dari @wenzrawk. Coba deh, siapa tahu nanti bisa menang, hehe.

Langsung masuk ke materi ah.


#MetallicaJKT

Oh iya, sebelumnya saya sempat rendah diri dengan tulisan-tulisan orang lain yang sudah di-post. Kebanyakan dari mereka, basic-nya memang sudah mengenal Metallica, banyak juga yang kenal dari orang tuanya. Berbeda dengan saya. Orang tua saya, baik ayah dan ibu, tidak suka dengan hal-hal seperti itu. The Beatles saja tidak begitu tahu, apalagi Metallica. 
Sebelum ada pengumuman konser Metallica di Jakarta, saya tidak begitu tahu tentang band yang [katanya] legendaris itu.

Jujur saja, memang dari fase kanak-kanak ke remaja, saya mulai mengenal banyak musik itu dari kakak saya. Ketika dia duduk di sekolah menengah pertama, saya di sekolah dasar, mulai mengenal musik indie seperti: Seringai. Begitu dia masuk ke sekolah menengah atas, saya di sekolah menengah pertama, mulai mengenal musik rock legendaris, atau juga karena pengaruh video games Guitar Hero di PlayStation 2.

Saya belum tahu banyak tentang band Metallica. Hanya tiap orang-orang tua berkata musik yang keras dan dentuman bunyi drum yang kencang, mereka langsung menyebutnya dengan kata "metal", atau ada juga yang bilang, "Metallica banget," ya. Saya pikir, arti kata "Metallica" adalah anak metal yang benar-benar metal. Saya tidak tahu jika itu adalah nama sebuah band. Apalagi band legendaris. Saya juga tidak tahu jika mereka pernah mengadakan konser di Jakarta, di tahun 1993, di Lebak Bulus, dan yang ternyata rusuh. Saya tidak tahu.

Nah baru saya mulai mengenal Metallica ya sejak saya duduk di bangku sekolah menengah pertama itu. Saya mulai melihat poster dengan bertuliskan Metallica yang dijual oleh bapak-bapak ketika Minggu pagi di sekitar Manahan, Solo. Saya mulai tahu ketika kakak saya menyetel lagu Metallica di komputernya. Dari situ saya mulai men-download lagu, terlebih saat itu, 4shared adalah situs andalan saya. 

Sebelum Metallica saja, saya terlebih dulu kenal dengan Motorhead. Nah, itu baru band idola saya waktu itu. Karena logo Motorhead selalu dipajang di Slackers, Yogyakarta, yang memang saya beberapa kali ke sana sebelumnya. Seingat saya, pernah bingung antara Metallica dan Motorhead. Sama-sama huruf depannya "M", sama-sama terkenal dengan band rock. Tetapi sepertinya Motorhead masih kalah pamor dengan Metallica [yang kata teman saya adalah kiblat musik rock]. 

Dari 4shared, saya tuliskan di kolom search, Motorhead. Muncul lagu yang berjudul Enter Sandman. Saya jatuh cinta dengan lagu itu, terlebih suara Lemmy Kilmister. Ketika saya memainkannya di handphone, teman saya bertanya, "Lagunya Metallica ya?"
Santai saya menjawab, "Bukan, ini lagunya Motorhead," karena saya waktu itu memang tahunya itu adalah lagu ciptaan Motorhead. 
Saya sempat tidak percaya dengan pernyataan teman saya bahwa itu sebenarnya lagu dari Metallica. Nah, dari itu, saya search di google, dan memang benar, itu lagu dari Metallica. 
Mulai dari itu, saya coba download lagu-lagu dari Metallica. Saya mulai mengenal beberapa lagu mereka. Sampai ketika saya men-download di 4shared, lagu Metallica yang berjudul One. Saya dengarkan, dan berkata dalam hati, "Loh, kok lyric-nya sama dengan Enter Sandman?"
Karena penasaran, saya bertanya lewat twit ke @aparatmati, seperti ini kira-kira:
"Kok lagu Motorhead-Enter Sandman sama lyric-nya dengan lagu Metallica-One?"
Lantas @aparatmati menjawabnya dengan singkat, "google.com," hahaha. Sayang, tidak ada capture-an-nya, hehehe, bakal lucu pasti jika ada. Setelah saya cari informasi, dan ternyata saya baru sadar jika saya men-download lagu di situs yang tidak benar, hehe. Mungkin gara-gara gratis kali, ya, tidak menghargai artist musik, kena batunya deh, malu.
Saya juga tahu Metallica karena action figure-nya. Teman saya pernah pamer barang tersebut ke saya, tetapi saya belum juga tertarik untuk mengenal band itu.

Saya menyimpan beberapa lagu Metallica di laptop dan handphone saya. Tetapi saya tidak pernah mendengarkan semuanya, dan saya tidak juga selalu mendengarkannya. Karena saya memang tidak begitu suka dengan suara vokalnya. Saya lebih suka ke suara vokal si Lemmy Kilmister. Dan saya juga sebenarnya lebih suka dengan musik seperti: Oasis, Phoenix, dan lain-lain yang senada. 

Hasrat saya ingin tahu tentang Metallica baru muncul ketika ada announcement tentang #MetallicaJKT yang di-twit oleh @wenzrawk. Pernah sih sebelumnya sempat setengah yakin Metallica akan tampil di Jakarta berkat Jokowi [gubernur Daerah Khusus IbuKota], tapi ya tidak sebegitu yakin.
Dari twit si @wenzrawk, saya memberi tahu teman, dan sama-sama setuju untuk membeli tiket dan menontonnya.
Dari situ saja saya juga baru yakin jika ejaan nama band itu adalah Metallica, yang sebelumnya saya sering keliru dengan "Metalicca" atau "Metalica" atau yang lain, hehe.
Mulai dari berniat menjual iPod nano 6th lewat Kaskus untuk mendapat uang tambahan, sampai browsing di google tentang riwayat hidup Metallica.
Saya mulai mendengarkan lagu-lagu dari Metallica, dan ternyata bagus juga. Terlebih ke lagu-lagu seperti: Sad But True, Fuel, Seek and Destroy, dan yang jagoan saya, Enter Sandman. Dari bangun tidur, di bus saat berangkat sekolah, di waktu luang, saya mendengarkannya. Bakal rugi pasti jika menonton konsernya tetapi hanya diam dan tidak sing along

Yah, kira-kira baru sampai di situ pengenalan saya tentang Metallica. Sebelum konser berlangsung, yang mungkin saya masih punya waktu seminggu lagi, untuk terus mengenal dan menghafal lyric-lyric-nya, hehe. Masih tergolong fans karbitan ya ini? Hehe.
Saya cerita natural, dan memang apa adanya. 
Saya masih terlalu awam untuk membicarakan tentang Metallica, semoga saja jika menontonnya langsung di Gelora Bung Karno, pengetahuannya bisa bertambah. Hehehe.

Sekian dan terima kasih.


-@andikajati-

Comments

Popular posts from this blog

Retreat di Angela Patrick, Bandungan

Halo selamat berkarya! Sudah hampir sebulan tidak  update tulisan di blog ini. Saya akan berbagi cerita mulai dari Retreat yang telah saya jalankan bersama rekan-rekan SMAN 3 Semarang. Jumat, 9 Desember 2011 - Minggu, 11 Desember 2011 Pukul 14.30 seusai pulang sekolah hari Jumat - pukul 14.30 hari Minggu di Bandungan Acara tahunan dari DOC (salah satu subsie di SMAN 3 Semarang) adalah mengadakan retreat di luar lokasi sekolah kami. Biasanya acara tersebut diadakan di Bandungan. Pada tahun 2011 ini dan bersaman dengan pengalaman pertama saya mengikuti retreat bersama SMAN 3 Semarang, diadakan di Rumah Retreat Angela Patrick, Bandungan. Tepatnya berada di belakang Pasar Bandungan. Beginilah ceritanya... Kebetulan pada hari tersebut tidak diadakannya kegiatan belajar mengajar di sekolah, sehingga kami dapat pulang lebih awal dari biasanya. Awalnya saya dan Puguh teman saya belum tahu bila warga sekolah sudah diperbolehkan pulang, sehingga kami izin pada guru Bimbingan Konseling te

My Second Assignment

ANDIKA JATI NUGROHO 140608050 Peter Lind, Flavor Development Specialist Ben & Jerry’s Ice Cream, Waterbury, Vermont Hello. See me again. My name is Andika Jati Nugroho. I’m from G class. I got my second assignment from my teacher, Mrs. Bening. This unit is about “The Most Wanted Jobs in The World”. Luckily, we will discuss about Peter Lind, a flavor development specialist in an ice cream company. Here it is. First. I want to tell you, that I was simply shocked and I am still confused about Mrs. Bening’s system at reading activities. In Senior High School, reading is just a simple thing. We just read. Commonly, the text was fictional. But, Mrs. Bening used another way. The text was based on true story. And, we had to use other sources to find the information of text and think critically at understanding the text.   Let us start into the core. There is an ice cream company named Ben & Jerry’s Ice Cream in Vermont. It is located in North-East of United

Perubahan Cara Berdialektika

Sebelumnya, saya sudah memiliki pandangan dan asumsi tentang hal ini. Asumsi itu timbul akibat fenomena yang terjadi pada saya dan teman-teman di lingkungan saya. Saya hampir yakin, Anda pun pasti pernah mengalami dan mendengarnya. Contoh yang paling mudah untuk dijelaskan adalah ketika saya kesulitan dalam memahami materi perkuliahan di kelas. Dari awal, dosen sudah memberikan buku bacaan atau referensi yang dapat dibaca untuk menunjang mahasiswa mendalami materi yang diberikan. Biasanya, dosen memberikan tiga contoh buku referensi. Bagi mahasiswa, mendapatkan buku-buku tersebut pun tidak sulit, karena perpustakaan kampus memang sudah memiliki buku-buku itu dan bisa dipinjam oleh mahasiswa, sudah sangat mudah.  Dulu, ketika saya masih menjadi mahasiswa baru, saya merupakan salah satu orang yang bermental ambisius. Saya membayangkan perkuliahan adalah sesuatu yang canggih, serba luar biasa. Namanya saja mahasiswa, bukan lagi siswa, melainkan mahasiswa. Jadi, mekanisme berdialektika