Skip to main content

Kampoeng Jazz in Universitas Padjajaran, Bandung

Kamis, 28 April 2011 - Minggu 31 April 2011

Sebenarnya cerita ini adalah cerita lama. Tepatnya sudah berlangsung sekitar 6 bulan yang lalu. Akhir April, atau bila kalian seangkatan dengan saya, pasti Anda tahu kapan kejadian ini berlangsung tepatnya. Kampoeng Jazz diadakan pada akhir weekend setelah Ujian Nasional SMP 2011.

Flashback 

Pada waktu tanggal 25 April 2011 - 28 April 2011, saya dalam keadaan getar-getir dengan berlangsungnya ujian nasional. Empat hari kami lalui dengan kesesengsaraan. Salah satunya adalah dengan mengerjakan soal-soal pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA (include Fisika and Biology). Persiapan yang pas-pas tidak membuat semangat saya goyah untuk berdoa dan terus berusaha. Dan pada akhirnya, empat hari yang bagaikan neraka tekanan itu pun terlewati.
Kamis, 28 April 2011. Itu adalah hari terakhir ujian nasional. Perasaan langsung berubah menjadi sangat bahagia ketika bel berbunyi menandakan berakhirnya proses ujian nasional. Saya pun pulang dengan perasaan damai sejahtera, "Terima kasih Tuhan." Sesampai di rumah, saya langsung mempunyai pikiran untuk berlibur ke Bandung, tempat di mana saudara laki-laki saya bersekolah. Tepatnya dia bersekolah di Universitas Padjajaran, Bandung dalam bidang fakultas hukum. Karena keinginan saya itu, saya pun menelepon sang kakak, dan hendak memberitahu rencana liburan tersebut. Pada awalnya, dia menolak dengan alasan mempunyai banyak tugas, tetapi akhirnya dia membolehkan saya berlibur ke Bandung karena saya terkesan mutung. Dengan semangat saya pun bersiap-siap, dan malamnya langsung berangkat ke Stasiun Tawang, Semarang tanpa membeli dulu tiket jurusan Bandung. Saya sempat gelisah, karena bila tidak mendapat tiket kereta api jurusan Bandung, sangat sia-sia saya membawa pakaian-pakaian, kamera, kamus, dan buku untuk persiapan tes PPD (Penerimaan Peserta Didik) SMA. Tetapi Tuhan berkehendak lain, dan memastikan saya mendapat tiket jurusan Semarang-Bandung dan tiket pulang kembali jurusan Bandung-Semarang pada Minggu, 31 April 2011. Saat itu, tepatnya pukul 20.30 WIB saya berangkat menaiki kereta api Harina.
Sesampai Bandung, saya dijemput oleh saudara saya itu. Dan langsung menuju tempat kosnya. Ternyata tempat kos tersebut cukup nyaman dan tepat di tengah-tengah kota. Dan saya pun menghabiskan dua hari di Bandung, dan saya pikir topik saya bukan menceritakan itu (re: Jumat-Sabtu).

Sabtu malam, 30 April 2011 
Awalnya saya tidak berkeinginan untuk melihat acara musik yang diselenggarakan Universitas Padjajaran, yaitu Kampoeng Jazz. Tetapi ketika saya melihat panggungnya dari luar, saya pun tertarik dan meminta saudara saya untuk mengajak saya ke sana. Dan tiket pun terbeli (saya lupa berapa rupiah harganya, yang penting hasil dari tiket penjualan akan dibagi sebagian untuk kegiatan amal sosial).
Kampoeng Jazz adalah acara buatan dari Unpad yang mempunyai tema tentang musik beraliran jazz. Saya kurang mengerti tentang band-band jazz, yang saya tahu hanya: Calvin Jeremy, Sabrina, dan Tahiti80. Jujur, pada awalnya saya juga tidak mengerti band seperti apa mereka, tetapi setelah berkunjung ke Bandung, pengetahuan musik saya menjadi meluas.
Ini sederetan artists yang tampil: Tahiti 80 (Perancis), Sabrina (Filipina), Calvin Jeremy, Dira Sugandi, Yovie Widianto Fussion, Syaharani and the Queen Fireworks (Esqi:ef), Tesla Manaf Efendi ft. Mahagotra Ganesha (Bali), Musisi Anak Jalanan, Royal Flush (FH Unpad), Projecthree, Stereotitude, The Soul of Magnolia, Road Stone, KPH All Star. Dari (http://www.unpad.ac.id/archives/40483)
Malam harinya, kira-kira setelah pukul 18.00 WIB, saya bergegas ke venue tersebut di Unpad. Karena jaraknya yang dekat dengan kos, kami (re: saya dan saudara) hanya berjalan kaki menuju Unpad. Waktu itu, cuaca dingin dan gerimis, sangat disayangkan. Sampai di gerbang Unpad, terlihat jajaran pemuda-pemudi Bandung yang parasnya asing bagi saya. Saya akui, pemuda-pemudi di Bandung terlihat lebih modis dari tempat asli saya (Semarang). Kami pun masuk, dan bertemu dengan salah satu teman saudara saya itu, dan kami pun bersama-sama masuk menuju panggung. Karena waktu itu gerimisnya lumayan deras, suasana di depan panggung tidak terlalu padat/ramai. Kami pun tetap menunggu sang guest star tampil (re: Tahiti80). Karena terlalu larut dan perut sudah tidak dapat berkompromi, kami pun membeli salah satu merk produk makanan junk food yang kebetulan mendirikan stand makanan pada acara Kampoeng Jazz. Kira-kira 30 menit setelah makan malam, Sabrina pun tampil. Penampilan yang elegan menghiasi performa dari Sabrina. Pada lagu kesekian, Calvin Jeremy pun membantu Sabrina dengan ayunan gitarnya yang menarik. Sepertinya, langsung saya ceritakan ke guest star, yaitu Tahiti80.
Mereka adalah band indie pop yang berasal dari Perancis. Kelompok ini didirikan pada tahun 1993 oleh Xavier Boyer, Pedro Resende, Médéric Gontier dan Sylvain Marchand. Sedangkan single yang paling disenangi penikmat musik dunia berjudul "Heartbeat." Ketika melihat mereka tampil, itu pertama kalinya saya melihat band papan atas dari luar negeri. Dengan menggunakan bantuan laptop, mereka menciptakan efek-efek suara musik yang mengesankan. Karena saya belum banyak mengerti tentang musik mereka, jadi saya berulang kali mengambil gambar dari performa mereka. Sayang, mereka tidak ingin hasil foto kami dipublikasikan ke umum. Saya paling terhibur dengan lagu mereka yang berjudul "Something About You." Karena saking sukanya dengan lagu itu, saya pun pernah mengirim voice note dengan menggunakan lagu itu ke salah satu teman perempuan saya dulu #curcol. Kira-kira satu jam mereka mengguncang Bandung. Saya pun sangat terhibur, meskipun kaki terasa pegal dan lelah. Setelah semuanya selesai, kami pun kembali ke kos dengan berjalan kaki lagi. Sungguh malam yang luar biasa!

Lakon

Saudara lakon

Nice performance

Sabrina

  Sabrina #2  

Sabrina and Calvin Jeremy

Sabrina and Calvin Jeremy #2

Sabrina and Calvin Jeremy #3

Sabrina and Calvin Jeremy #4

Dira Sugandi

  Dira Sugandi #2  

Comments

Popular posts from this blog

Retreat di Angela Patrick, Bandungan

Halo selamat berkarya! Sudah hampir sebulan tidak  update tulisan di blog ini. Saya akan berbagi cerita mulai dari Retreat yang telah saya jalankan bersama rekan-rekan SMAN 3 Semarang. Jumat, 9 Desember 2011 - Minggu, 11 Desember 2011 Pukul 14.30 seusai pulang sekolah hari Jumat - pukul 14.30 hari Minggu di Bandungan Acara tahunan dari DOC (salah satu subsie di SMAN 3 Semarang) adalah mengadakan retreat di luar lokasi sekolah kami. Biasanya acara tersebut diadakan di Bandungan. Pada tahun 2011 ini dan bersaman dengan pengalaman pertama saya mengikuti retreat bersama SMAN 3 Semarang, diadakan di Rumah Retreat Angela Patrick, Bandungan. Tepatnya berada di belakang Pasar Bandungan. Beginilah ceritanya... Kebetulan pada hari tersebut tidak diadakannya kegiatan belajar mengajar di sekolah, sehingga kami dapat pulang lebih awal dari biasanya. Awalnya saya dan Puguh teman saya belum tahu bila warga sekolah sudah diperbolehkan pulang, sehingga kami izin pada guru Bimbingan Konseling te

My Second Assignment

ANDIKA JATI NUGROHO 140608050 Peter Lind, Flavor Development Specialist Ben & Jerry’s Ice Cream, Waterbury, Vermont Hello. See me again. My name is Andika Jati Nugroho. I’m from G class. I got my second assignment from my teacher, Mrs. Bening. This unit is about “The Most Wanted Jobs in The World”. Luckily, we will discuss about Peter Lind, a flavor development specialist in an ice cream company. Here it is. First. I want to tell you, that I was simply shocked and I am still confused about Mrs. Bening’s system at reading activities. In Senior High School, reading is just a simple thing. We just read. Commonly, the text was fictional. But, Mrs. Bening used another way. The text was based on true story. And, we had to use other sources to find the information of text and think critically at understanding the text.   Let us start into the core. There is an ice cream company named Ben & Jerry’s Ice Cream in Vermont. It is located in North-East of United

PENSAGA 2013 Young Nationalism

Halo semua! Salam 26 Oktober 2013! Lagi-lagi Tuhan menciptakan kenangan baru di pikiran dan hati saya, lewat salah satu acara terbesar di tahun ini. Pentas seni karya SMA saya, SMAN 3 Semarang. Karena lagi tinggi sekali euforianya, sekalian ingin ditulis saja, jadi seperti straight news [katanya] hehe. Semoga saja ini menjadi kenangan saya yang dengan sedikit menarik tertulis di blogspot, hehe. Jadi seperti ini lho, ceritanya. Pensaga 2013. Ini adalah pensi terakhir saya di sekolah menengah atas. Kebetulan juga, saya menjadi panitia inti di situ. Kesempatan yang menyenangkan bukan. Di tahun terakhir, saya berharap besar bisa memberi sesuatu yang tak terlupakan untuk sekolah saya itu. Nah. Awal mula panitia dibentuk dari, jaringan komunikasi via SMS. "#PENSAGA2013, Selamat! Kamu terpilih sebagai panitia inti dari pensaga2013, akan diadakan kumpul perdana pada: Hari/tgl: Sabtu, 5 Januari 2013, pukul: 8.00 am, tempat: depan perpustakaan [eh, akhirnya di