Skip to main content

Pensaga 2011 Teensational

Sabtu, 29 Oktober 2011 adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, khususnya bagi warga kota Semarang. Karena pada hari itu terdapat acara yang "MAHA" yaitu Pensaga 2011 yang diselenggarakan oleh siswa-siswi SMAN 3 Semarang.
Karena saya malas menulis lagi, ini akan saya post artikel saya yang sudah dibuat,

Pamfletnya bro


Pensaga 2011 Teensational



Dengan bantuan segenap siswa-siswi SMAN 3 Semarang beserta alumni, persiapan menghadapi acara dalam waktu kurang-lebih 10 bulan, akhirnya Pensaga 2011 pun sukses dilaksanakan. Oleh Andika Jati Nugroho

Tepat pada hari Sabtu, 29 Oktober 2011, Pensaga (re: Pentas Seni SMAN 3) berhasil dengan sukses dilaksanakan. Mereka menentukan tema dengan judul “Teensational” atau dapat dimengerti dengan remaja yang memberi banyak sensasi, tetapi sensasi yang berbau positif. Pelaksanaan Pensaga diadakan juga karena untuk merayakan Hari Ulang Tahun SMAN 3 Semarang yang ke-134 sejak 1 November 1877.

Pensaga benar-benar memberi sejuta sensasi dan kreasi, sinergi dari berbagai kalangan, memberi banyak kejutan kepada para pengunjung dan penonton. Acara tersebut dimeriahkan oleh berbagai artis ternama seperti: GIGI, Efek Rumah Kaca, Komunal, Screaming School, Syndrome, Good Morning Everyone, dan masih banyak lagi pastinya. Tetapi tidak lupa juga banyak penampilan dari siswa-siswi SMAN 3 Semarang seperti: freestyle, modern dance, GGC Thunders, paduan suara, band, perisai diri, dan lain-lain.

Saya datang tepat ketika open gate dibuka, yaitu pukul 15.00 WIB. Saat itu, suasana masih sepi, banyak juga para panitia yang masih berbenah. Saya pun menunggu sampai suasana menjadi ramai. Sebelum maghrib yang tampil di panggung adalah band-band lokal dan audisi. Meskipun mereka adalah band-band lokal dan audisi, tetapi kemampuan mereka tidak kalah dengan artis ibukota. Pertunjukkan mereka sangat mengesankan. Bermodal komunikasi dengan audiens, dan membagikan stiker, penampilan mereka mengundang perhatian pengunjung.

Ketika waktu tepat menunjukkan pukul 17.45 WIB, pengunjung diizinkan untuk melaksanakan shalat maghrib di Masjid SMAN 3 Semarang. Lampu-lampu panggung pun sudah mulai dinyalakan, dan ternyata sungguh indah dekorasi panggung dan lampu yang telah dirancang oleh panitia.

Seusai melaksanakan ibadah, pengunjung mulai banyak yang berdatangan dan memadati lapangan basket SMAN 3 Semarang. Tetapi sayang, saya bertugas untuk menjadi panitia dadakan sehingga saya kurang memahami tentang pertunjukkan yang ditampilkan dari SMAN 3 Semarang. Saya bertugas membantu sie. Logistik untuk membawakan karpet saat GGC Thunders dan perisai diri tampil. Kira-kira pukul 19.20 WIB mereka tampil, sehingga saya dan teman-teman pun harus bersiap diri untuk memasang karpet tepat di depan panggung. Karena pengunjung yang sangat crowded, kamu cukup kewalahan dalam memasang karpet dengan benar. Tetapi pada akhirnya, acara tersebut dapat berjalan dengan lancar dan saya turut membantu dalam pembentukan barikade. Kemudian pada pukul 20.00 WIB, perisai diri akan tampil. Saya berganti tugas membuat barikade sehingga pengunjung tidak mengganggu pelaksanaan pertunjukkan. Bermodal tongkat yang menyala berwarna merah, saya menjadi pengawal.

Karena sudah selesai bertugas, saya berkeinginan untuk menyaksikan pertunjukkan dari guest star sesungguhnya yang dipersiapkan SMAN 3 Semarang. Tepat pada saat Komunal bermain, saya pun maju ke depan panggung. Komunal adalah band Stoner Rock yang berasal dari Bandung. Band ini digawangi oleh Doddy Hamson as vokalis, Harry Reza as drums, Anwar Sadath as guitars, dan Arie Khomaini as bass (sumber dari Facebook Komunal). Penampilan mereka benar-benar sangat heavy metal sehingga banyak pengunjung yang berdansa di depan panggung. Band tersebut baru tampil sekali di Semarang, sehingga bermain di SMAN 3 Semarang adalah penampilan mereka yang kedua di Semarang.

Setelah Komunal tampil, berganti dengan band yang sudah lama saya tunggu. Band itu adalah Efek Rumah Kaca. Efek Rumah Kaca yang terdiri dari Cholil as vokal/gitar, Adrian as bass, dan Akbar as drum (sumber dari Facebook Efek Rumah Kaca). Band yang terkenal dengan lirik yang kritis dan peduli terhadap lingkungan yang sedang terjadi tersebut sangat menghibur para penonton. Seperti biasa, mereka mengajak penonton untuk bernyanyi bersama. Terlihat tidak hanya kaum adam seperti saat Komunal saja yang menikmati musik mereka, tetapi banyak juga dari kaum hawa. Efek Rumah Kaca membawakan lagu-lagu kebanggaan seperti: Desember, Mosi Tidak Percaya, Kenakalan Remaja di Era Informatika, Di Udara, serta lagu baru mereka yaitu Hilang. Bermodal kemeja lengan panjang, Cholil (re: sapaan vokalis ERK) menghibur para penonton dengan santai.

Efek Rumah Kaca turun panggung, berganti dengan acara selanjutnya, yaitu ansamble dan paduan suara dari SMAN 3 Semarang. Tak lupa penampilan Mahakarya SMAN 3 Semarang. Tarian dan suara yang benar-benar “Maha” ditunjukkan oleh siswa-siswi SMAN 3 Semarang.

Kemudian, tampil band pamungkas, yaitu GIGI dengan digawangi oleh Armand Maulana, Dewa Budjana, Thomas Ramdhan, Gusti Hendy (sumber dari id.wikipedia.org). Sambutan yang ramah dari Armand Maulana (re: vokalis GIGI) menimbulkan tawa dari wajah pengunjung. Berbeda dengan Dewa Budjana (re: gitaris GIGI) yang tampil kalem memainkan gitar dengan jari-jemarinya. Pemandangan yang sangat berbeda, ternyata GIGI masih banyak diminati oleh remaja Indonesia. Band yang berdiri sejak tahun 1990-an itu sudah membuat banyak album dari tiap lagunya. 

Kira-kira pukul 23.15 WIB, GIGI turun dari panggung dan acara pun selesai. Sebuah kejutan dari panitia, yaitu menyalakan kembang api ke langit, sangat indah. Seusai itu, pengunjung pun dipersilakan untuk pulang. Berbagai tepukan tangan dan ucapan selamat atas kesuksesan acara kepada panitia. Pensaga 2011 Teensational benar-benar sukses dan mengesankan.


Here the gate

Karya siswa-siswi SMAN 3 Semarang

Lakon banget

Lightningnya keren ya bro!

Crowded 

Crowded (lagi)

Perilaku Doddy Hamson (vokalis Komunal)

Komunal band heavy metal

Stoner rock never ends

Cholil (vokalis ERK)

Efek Rumah Kaca

ERK (lagi)

GIGI

3D version GIGI

GIGI sangat sensasional

Armand Maulana dengan busana seksinya

We are teensational

Sing on the light

GIGIkita

Comments

Popular posts from this blog

Retreat di Angela Patrick, Bandungan

Halo selamat berkarya! Sudah hampir sebulan tidak  update tulisan di blog ini. Saya akan berbagi cerita mulai dari Retreat yang telah saya jalankan bersama rekan-rekan SMAN 3 Semarang. Jumat, 9 Desember 2011 - Minggu, 11 Desember 2011 Pukul 14.30 seusai pulang sekolah hari Jumat - pukul 14.30 hari Minggu di Bandungan Acara tahunan dari DOC (salah satu subsie di SMAN 3 Semarang) adalah mengadakan retreat di luar lokasi sekolah kami. Biasanya acara tersebut diadakan di Bandungan. Pada tahun 2011 ini dan bersaman dengan pengalaman pertama saya mengikuti retreat bersama SMAN 3 Semarang, diadakan di Rumah Retreat Angela Patrick, Bandungan. Tepatnya berada di belakang Pasar Bandungan. Beginilah ceritanya... Kebetulan pada hari tersebut tidak diadakannya kegiatan belajar mengajar di sekolah, sehingga kami dapat pulang lebih awal dari biasanya. Awalnya saya dan Puguh teman saya belum tahu bila warga sekolah sudah diperbolehkan pulang, sehingga kami izin pada guru Bimbingan Konseling te

My Second Assignment

ANDIKA JATI NUGROHO 140608050 Peter Lind, Flavor Development Specialist Ben & Jerry’s Ice Cream, Waterbury, Vermont Hello. See me again. My name is Andika Jati Nugroho. I’m from G class. I got my second assignment from my teacher, Mrs. Bening. This unit is about “The Most Wanted Jobs in The World”. Luckily, we will discuss about Peter Lind, a flavor development specialist in an ice cream company. Here it is. First. I want to tell you, that I was simply shocked and I am still confused about Mrs. Bening’s system at reading activities. In Senior High School, reading is just a simple thing. We just read. Commonly, the text was fictional. But, Mrs. Bening used another way. The text was based on true story. And, we had to use other sources to find the information of text and think critically at understanding the text.   Let us start into the core. There is an ice cream company named Ben & Jerry’s Ice Cream in Vermont. It is located in North-East of United

PENSAGA 2013 Young Nationalism

Halo semua! Salam 26 Oktober 2013! Lagi-lagi Tuhan menciptakan kenangan baru di pikiran dan hati saya, lewat salah satu acara terbesar di tahun ini. Pentas seni karya SMA saya, SMAN 3 Semarang. Karena lagi tinggi sekali euforianya, sekalian ingin ditulis saja, jadi seperti straight news [katanya] hehe. Semoga saja ini menjadi kenangan saya yang dengan sedikit menarik tertulis di blogspot, hehe. Jadi seperti ini lho, ceritanya. Pensaga 2013. Ini adalah pensi terakhir saya di sekolah menengah atas. Kebetulan juga, saya menjadi panitia inti di situ. Kesempatan yang menyenangkan bukan. Di tahun terakhir, saya berharap besar bisa memberi sesuatu yang tak terlupakan untuk sekolah saya itu. Nah. Awal mula panitia dibentuk dari, jaringan komunikasi via SMS. "#PENSAGA2013, Selamat! Kamu terpilih sebagai panitia inti dari pensaga2013, akan diadakan kumpul perdana pada: Hari/tgl: Sabtu, 5 Januari 2013, pukul: 8.00 am, tempat: depan perpustakaan [eh, akhirnya di