Skip to main content

Pekan Raya Smaga

Bulan Oktober adalah bulan yang paling memeriahkan di SMAN 3 Semarang. Karena pada bulan itu, kami diberi kesempatan untuk mengkreasikan inovasi-inovasi kami ke publik.
Tepatnya terdapat acara Pensaga yang paling ditunggu-tunggu oleh khalayak umum.
Pada bulan ini kami (re: SMAN 3 Semarang) mengadakan berbagai event-event yang diadakan untuk umum maupun untuk pihak tertentu.
Inilah event-event tersebut:


Ganesha Science Olympiad

Dilihat dari judul di atas, kalian pasti akan mengerti acara seperti apa yang diadakan. Ganesha Science Olympiad adalah lomba pendidikan sains, diadakan pada hari Minggu, 2 Oktober 2011. Lomba tersebut diikuti oleh sekitar 200 siswa dari berbagai SMP se-Jawa Bali.

Suasana dalam kelas

Stand makanan

Ganesha vocal group

Salah enam pemenang


J-Soul Matsuri

Acara tersebut adalah acara yang berbau Jepang. Jadi, di dalam acara J-soul Matsuri terdapat games yang berasal dari Jepang seperti contoh: yu gi oh. Saya sempat menghadiri acara itu, dan mengesankan, pengunjung dari luar SMAN 3 Semarang cukup banyak. Sebagian dari mereka benar-benar penggemar negara Jepang. Acara ini diadakan pada hari Minggu, 9 Oktober 2011.
Militan Jepang

Militan Jepang (lagi)

Hidangan 


Lomba Pendidikan Agama



Salah satu di antara acara-acara tersebut, saya ikut ambil bagian di bidang kepanitiaan. Saya beroleh kesempatan menjadi bagian panitia pada acara Lomba Pendidikan Agama yang diselenggarakan pada hari Minggu, 16 Oktober 2011. Panitia terbentuk dari tiga subsie di sekolah kami yaitu dari subsi Doc, subsie Pelita, dan subsi Rohis.
Banyak rintangan yang menghampiri acara kami, seperti contohnya: pendaftar peserta yang sedikit, tidak ada bantuan dari sponsor otomatis kekurangan dana, serta kekompakan panitia yang kurang. Saya masih sangat ingat ketika rapat koordinasi yang terakhir, mereka beradu argumen, ada yang menginginkan acara batal, ada juga yang menginginkan acara berlanjut. Jika dari dalam hati saya sendiri, sudah pasti saya ingin acara tetap berlanjut, karena dengan perjuangan yang telah dilakukan seperti menyediakan waktu, tenaga, dan pikiran.
Beruntung Tuhan memberi petunjuk, pada akhirnya kami menekan pengeluaran biaya semaksimal mungkin. Sembari pemikiran penekanan dana, kami pun mengadakan jualan pakaian bebas untuk minimal menambah modal kami. Kami berjualan di Jalan Ki Mangunsarkoro pada hari Minggu pagi, tepatnya pada acara J-soul Matsuri berlangsung (9 Oktober 2011). Cukup menguntungkan dengan hasil penjualan tersebut, kami mendapatkan Rp 240.000,00 tunai.
Beginilah gambarannya

Making money 
Pada akhirnya acara pun tetap berjalan lancar. Saya mendapat tugas untuk menginap di SMAN 3 Semarang pada hari sebelumnya (re: Sabtu). Acara menginap tersebut diharapkan dapat berbenah pada malam harinya dan pagi harinya sehingga menghindari keterlambatan acara.
Tanpa disangka, pada saat hari H berlangsung, pendaftar menjadi lebih banyak. Kira-kira ada 150 peserta yang mengikuti lomba tersebut mulai dari agama Islam, Katolik, maupun Kristen. Meskipun tidak memenuhi target awal, tetapi kami tetap bersyukur dengan anugerah itu.

Stand makanannya lumayan banyak

Ganesha vocal group 

Ganesha vocal group (lagi)


Ganesha Cup

Ini adalah event berbagai macam olahraga yang diadakan SMAN 3 Semarang. Salah satunya ada: tenis meja, futsal, voli, bulu tangkis, dan masih banyak lagi. Lomba tersebut diadakan dari hari Kamis, 20 Oktober 2011-Minggu, 23 Oktober 2011. Dan ternyata, pada waktu yang bersamaan terdapat lomba semacam ini juga di SMAN 2 Semarang yang disebut Smanda Cup. Tetapi mereka untuk level antar SMA, sedangkan kami untuk level antar SMP.

Babak play off

Soccer under the blue sky

Tackle never ends

Play off

Final battle

Final battle (lagi)

Jawara

Badminton

Lob shoot

We own the game

We own the game (lagi)

We own the game (lagi dan lagi)

Comments

Popular posts from this blog

Retreat di Angela Patrick, Bandungan

Halo selamat berkarya! Sudah hampir sebulan tidak  update tulisan di blog ini. Saya akan berbagi cerita mulai dari Retreat yang telah saya jalankan bersama rekan-rekan SMAN 3 Semarang. Jumat, 9 Desember 2011 - Minggu, 11 Desember 2011 Pukul 14.30 seusai pulang sekolah hari Jumat - pukul 14.30 hari Minggu di Bandungan Acara tahunan dari DOC (salah satu subsie di SMAN 3 Semarang) adalah mengadakan retreat di luar lokasi sekolah kami. Biasanya acara tersebut diadakan di Bandungan. Pada tahun 2011 ini dan bersaman dengan pengalaman pertama saya mengikuti retreat bersama SMAN 3 Semarang, diadakan di Rumah Retreat Angela Patrick, Bandungan. Tepatnya berada di belakang Pasar Bandungan. Beginilah ceritanya... Kebetulan pada hari tersebut tidak diadakannya kegiatan belajar mengajar di sekolah, sehingga kami dapat pulang lebih awal dari biasanya. Awalnya saya dan Puguh teman saya belum tahu bila warga sekolah sudah diperbolehkan pulang, sehingga kami izin pada guru Bimbingan Konseling te

My Second Assignment

ANDIKA JATI NUGROHO 140608050 Peter Lind, Flavor Development Specialist Ben & Jerry’s Ice Cream, Waterbury, Vermont Hello. See me again. My name is Andika Jati Nugroho. I’m from G class. I got my second assignment from my teacher, Mrs. Bening. This unit is about “The Most Wanted Jobs in The World”. Luckily, we will discuss about Peter Lind, a flavor development specialist in an ice cream company. Here it is. First. I want to tell you, that I was simply shocked and I am still confused about Mrs. Bening’s system at reading activities. In Senior High School, reading is just a simple thing. We just read. Commonly, the text was fictional. But, Mrs. Bening used another way. The text was based on true story. And, we had to use other sources to find the information of text and think critically at understanding the text.   Let us start into the core. There is an ice cream company named Ben & Jerry’s Ice Cream in Vermont. It is located in North-East of United

PENSAGA 2013 Young Nationalism

Halo semua! Salam 26 Oktober 2013! Lagi-lagi Tuhan menciptakan kenangan baru di pikiran dan hati saya, lewat salah satu acara terbesar di tahun ini. Pentas seni karya SMA saya, SMAN 3 Semarang. Karena lagi tinggi sekali euforianya, sekalian ingin ditulis saja, jadi seperti straight news [katanya] hehe. Semoga saja ini menjadi kenangan saya yang dengan sedikit menarik tertulis di blogspot, hehe. Jadi seperti ini lho, ceritanya. Pensaga 2013. Ini adalah pensi terakhir saya di sekolah menengah atas. Kebetulan juga, saya menjadi panitia inti di situ. Kesempatan yang menyenangkan bukan. Di tahun terakhir, saya berharap besar bisa memberi sesuatu yang tak terlupakan untuk sekolah saya itu. Nah. Awal mula panitia dibentuk dari, jaringan komunikasi via SMS. "#PENSAGA2013, Selamat! Kamu terpilih sebagai panitia inti dari pensaga2013, akan diadakan kumpul perdana pada: Hari/tgl: Sabtu, 5 Januari 2013, pukul: 8.00 am, tempat: depan perpustakaan [eh, akhirnya di